Duel Visi Misi: Airin-Ade VS Andra-Dimyati di Pilkada Banten 2024

115

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten telah mengumumkan visi dan misi kedua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2024.

Kedua pasangan tersebut adalah Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dan Andra Soni-Achmad Dimyati Natakusumah.

“Visi dan misi ini telah kami sebarluaskan agar masyarakat dapat memahami program yang akan dilaksanakan oleh bakal calon gubernur dan wakil gubernur,” ujar Ketua KPU Banten, Mohamad Ihsan, Rabu (18/9/2024).

Visi dan Misi Airin-Ade:

Visi:

“Banten maju bersama menuju Provinsi Banten yang beriman, sejahtera, unggul, berkelanjutan, sehat, dan maju.”

Misi:

1. Meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui reformasi tata kelola pemerintahan yang TERBINA (terintegrasi, bersih, inovatif, dan adaptif).

2. Mewujudkan masyarakat Banten yang MADANI (beriman, sehat, berbudaya, dan terdepan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi).

3. Memperkuat konektivitas antar wilayah dan pemerataan pembangunan yang SINERGIS (sinkron, berkelanjutan, dan strategis).

4. Mewujudkan pemerataan dan transformasi ekonomi yang berwawasan lingkungan dan INKLUSIF (indah, berkualitas, dan partisipatif).

Program:

1. Birokrasi yang profesional, efektif, efisien, dan akuntabel.

2. Pengelolaan keuangan daerah yang bersih dan inovatif.

3. Program Banten Sehat Raga, Kuat Jiwa (BAHAGIA).

4. Pendidikan inklusif berkualitas.

5. Kearifan budaya, prestasi masyarakat, dan kehidupan sosial.

6. Mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak.

7. Konektivitas terpadu.

8. PIJAR Banten (pemerataan infrastruktur dan wajah baru Banten).

9. Pangan inklusif dan berkelanjutan.

10. Pengembangan ekonomi biru.

11. Transformasi ekonomi hijau.

12. Industrialisasi dan hilirisasi.

Visi dan Misi Andra-Dimyati:

Visi:

“Banten maju, adil, merata, dan bebas dari korupsi.”

Misi:

1. Memperkokoh iman dan takwa melalui penguatan ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia dengan pendidikan anti-korupsi serta moralitas etik yang luhur.

2. Mendorong pertumbuhan ekonomi yang maju, adil, dan merata di Provinsi Banten dengan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pemerintahan yang bersih, industrialisasi, investasi, kewirausahaan, serta pengembangan industri kreatif dan pariwisata.

3. Meningkatkan pembangunan sumber daya manusia, pendidikan, teknologi, kesehatan, serta memperkuat peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas melalui program-program inovatif dan inklusif.

4. Mewujudkan pemerataan pembangunan perkotaan dan perdesaan yang adil, manusiawi, kompak, berorientasi transit, berketahanan, serta terintegrasi dengan pembangunan wilayah sekitar melalui tata ruang yang berkeadilan tanpa disparitas. (*/kd)