KSAL Bersama Warga Lebak Banten Tanam Sorgum di Lahan 50 Hektare

419

20-17-45-KSAL-di-banten-1140x570

Dampak pandemi Covid-19 yang masih terus berlanjut hingga isu konflik menyebabkan, krisis energi hingga berdampak menjadi resesi ekonomi dan berbagai penurunan produksi berbagai komoditas.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bersama warga Lebak, Banten menanam sorgum di Kecamatan Cileles dengan lahan seluas 50 hektar. Itu dilakukan sebagai bentuk sinergitas TNI AL, rakyat mendukung ketahanan pangan.

“Pemerintah kita sangat memahami hal ini sehingga menetapkan kebijakan untuk memperkuat ketahanan pangan,” kata Yudo Margono saat kunjungan kerjanya di Banten, Kamis (24/11/2022).

Salah satu implementasi konkritnya adalah menggalakan, program pengembangan dan hilirisasi budidaya sorgum sebagai pengganti gandum.

“Kebijakan ini diambil, untuk mengurangi import gandum nasional dan mendorong produksi bahan pangan domestik,” ucapnya.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengawali kunjungan kerjanya dengan melaksanakan peletakan batu pertama dan meninjau langsung renovasi gedung sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Fatwa di Lebak Banten.

Selain itu, berkesempatan berinteraksi dengan para siswa dan guru-guru serta memberikan peralatan sekolah yang disambut sangat antusias oleh para siswa.

Laksamana TNI Yudo dengan menggunakan udeng khas suku Badui juga mendapatkan kehormatan dengan diangkat menjadi Dulur Badui dari warga Badui yang ditandai dengan pemberian piagam, kemben, koja dan bedog Badui yang kemudian diakhiri pemberian tali asih berupa Sembako dari Kasal kepada warga Badui. (dani)