Warga Lijajar Protes Penutupan Lahan PT KBS, Rencanakan Gelar Aksi Unjuk rasa

226

IMG-20230607-WA0084

May Setiawan selaku koordinator Enterpreneur Community mengaku kecewa dengan sikap management PT KBS yang dengan sepihak menutup lahan parkiran yang selama ini di kelola oleh pemuda Lijajar, Tegal Ratu Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon.

Kordinator aksi Tegalratu Enterpreneur Community May Setiawan mengatakan akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Kawasan Pelabuhan Bandar Krakatau Samudera (KBS) Ciwandan lantaran mengaku kecewa atas sikap direksi PT KBS yang tidak membuka ruang komunikasi atas penutupan aktivitas usaha perparkiran yang dikelola pemuda Lijajar Tegalratu.

Dikatakan May, Zublin Parking Service (ZPS) merupakan usaha perparkiran yang dikelola pemuda Lijajar Tegalratu yang memang berada di kawasan PT KBS dan telah berdiri sejak lima tahun lalu. Sehubungan dengan adanya pembangunan yang dilakukan PT KBS maka aktivitas tersebut dipaksa diusir tanpa solusi meski pihak Community telah berkirim surat terkait permohonan agar tetap mengakomodir mereka yang terdampak atas pembangunan tersebut.

“Sehubungan upaya komunikasi yang dilakukan pihak Community tidak mendapat respon meski permohonan berulang kali dilakukan, maka kami dari Community dan ZPS akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Kawasan PT KBS.”ujar May Setiawan saat konferensi Pers disalah satu tempat di Ciwandan, Rabu (7/6/2023).

Padahal lanjut May, Community hanya meminta pihak direksi PT KBS membuka ruang komunikasi dan menempatkan kembali mereka berkerja di lingkungan KBS sekaligus mengakomodir pengusaha setempat dalam hal pembangunan.

May juga mengklaim, sepanjang aktivitas Zublin Parking Service (ZPS) berjalan selama lima tahun itu telah banyak memberikan kontribusi terhadap lingkungan sekitar dan mampu memberdayakan pemuda dalam hal manfaat pekerjaan.

Selain itu ZPS dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungan sekitar area KBS juga turut mengurai kemacetan serta menghilangkan warung remang-remang sehingga dapat menekan aksi premanisme dan kegiatan negatif lainya.

Karena itu aksi unjuk rasa merupakan langkah aspirasi yang perlu disampaikan dimuka umum untuk menyampaikan tuntutan terhadap pihak direksi PT KBS.

Menanggapi hal di atas Manager Corporate Communication & SR PT KBS Akbar Hadianto mengatakan, informasi terkait pengembangan lahan parkir PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) ada beberapa hal yang disampaikan,

1. Bahwa saat ini PT KBS sedang melakukan pengembangan lahan parkir dalam rangka optimalisasi lahan milik PT Krakatau Steel (KS) persero untuk meningkatkan pelayanan di PT KBS dan ekosistem logistik di Kota Cilegon, Banten.

2. Sebagai Objek Vital dan Aset Negara, di dalam area PT KBS harus steril dan terjaga dari potensi gangguan keamanan.Oleh karena itu, pengembangan lahan parkir di luar area pelabuhan menjadi supporting business dan mitigasi resiko keamanan di dalam area PT KBS.

3. Dengan adanya pengembangan lahan parkir ini, PT KBS akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah melalui retribusi daerah serta akan berdampak positif bagi masyarakat sekitar.

4. Dalam menjalankan proses bisnisnya, kami (KBS) selalu melibatkan masyarakat sekitar untuk menjadi mitra dalam bekerjasama dengan mengedepankan aspek profesionalisme.

5. Kami (KBS) memiliki komitmen dalam mengembangkan masyarakat sekitar melalui program Community Development diantaranya KIP Santripreneureur, Pemberdayaan Nelayan sekitar, Program Sekolah Adiwiyata, Bantuan Beasiswa dan Umroh untuk masyarakat Ciwandan, Pembangunan Fasilitas Lapangan Bola di Ciwandan, Bantuan Hewan Qurban serta program lainnya di bidang pendidikan/keagamaan, Bantuan Sosial/Fasilitas Umum, Kesehatan, Ekonomi dan Lingkungan.

Demi memperjuangkan aspirasi warganya, May Setiawan mengaku pihaknya sedang mempersiapkan aksi bersama warga Tegal Ratu guna memprotes kebijakan sepihak tersebut.