Jelang Paripurna RUU Pilkada, Prabowo Kumpulkan Partai Koalisi

752

koalisi MPKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hari ini, Rabu, 24 September 2014, mengumpulkan semua petinggi partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Pertemuan itu untuk memastikan semua partai anggota koalisi solid mendukung pemilihan kepala daerah secara tak langsung melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, seperti diatur dalam draf Rancangan Undang Undang tentang Pemilihan Kepala Daerah.

“Pertemuan bicara tentang disiplin partai, dan memastikan tidak ada anggotanya yang berseberangan,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat Gerindra Desmon J. Mahesa di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu, 24 September 2014.

Menurut Desmon, pertemuan tersebut inisiatif Prabowo. Di dalam pertemuan tersebut, calon presiden yang gagal pada pemilihan presiden 9 Juli lalu itu ingin memastikan semua anggota koalisi masih kompak dan tak membelot saat sidang paripurna pengambilan keputusan pada Kamis, 25 September 2014.
Adapun juru bicara Partai Golkar, Tantowi Yahya, membenarkan adanya pertemuan itu. Pertemuan, kata Tantowi, berlangsung sejak pukul 11.00 WIB. Namun Tantowi tak bisa memastikan siapa petinggi Golkar yang hadir. “Saya belum koordinasi, tapi mungkin Idrus Marham yang ke sana.”
Hingga kini fraksi-fraksi di DPR masih terbelah dalam menyikapi RUU Pilkada. Tiga fraksi, yakni PDI Perjuangan, PKB, dan Hanura, setuju dengan pilkada langsung. Sedangkan lima fraksi lainnya, yaitu PAN, PKS, PPP, Golkar, dan Gerindra, mendukung pilkada melalui DPRD. Adapun Demokrat mendukung pilkada langsung dengan catatan harus memenuhi sepuluh syarat, seperti harus ada uji publik.