Pencemaran Serbuk Besi PT Posco Melebar Ke Kecamatan Grogol

2240

Sejumlah warga di  Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol diresahkan dengan banyaknya debu besi yang menyebar. Diduga, serbuk besi tersebut berasal dari PT Krakatau Posco. Sebab, serbuk besi tersebut persis dengan yang ada di Kecamatan Ciwandan.

Hasim, warga setempat mengatakan, warga resah dengan banyaknya serbuk besi yang menyebar di wilayah mereka. Sebab, hal itu dikhawatirkan mengancam kesehatan, terutama pernapasan dan mata. “Kalau terkena mata ini bisa menyebabkan luka. Apalagi jika masuk hidung. Serbuk besi ini kan jenis benda padat, kalau sudah masuk ke paru-paru ini bisa bahaya,” kata Muhlasin kepada Banten Raya, Kamis (20/3).

Ia menjelaskan, sampai saat ini warga belum mengetahui serbuk besi tersebut berasal dari mana. Namun, warga menduga, serbuk besi tersebut berasal dari PT Krakatau Posco. Sebab, jenis serbuk besi itu tidak jauh berbeda dengan serbuk besi yang menyebar di wilayah Kecamatan Cigading. “Serbuknya mengkilat seperti besi. Mungkin ini dari PT Krakatau Posco karena hampir sama dengan yang di Cigading,” jelasnya.

Senada dikatakan ketua RT Lingkungan Curug, Hasim yang menuturkan bahwa debu besi tersebut harus segera ditangani. Sebab, dampak debu tersebut akan membahayakan. “Kami akan segara melaporkan ke BLH (Badan Lingkungan Hidup) Kota Cilegon. Sebab, ini jelas berbahaya,” tuturnya.ia  menduga, debu besi berasal dari sisa pembakaran atau produksi PT Krakatau Posco yang tertiup angin. “Kami berharap, Pemkot Cilegon agar segera turun tangan untuk mengatasi situasi ini,” harapnya.